Bubur

Kota Singkawang memiliki banyak varian bubur. Bubur Paddas adalah salah satu yang khas. Tidak seperti namanya, bubur ini tidak berasa pedas tetapi rasanya gurih dan sedikit asam karena perasan jeruk. Pembuatan bubur terdiri atas 40 pucuk sayur atau 40 jenis sayur yang berbeda sehingga memperkuat statement ini bahwa maksud kata PEDAS pada makanan khas ini adalah “banyaknya jenis sayur-sayuran yang menambah kenikmatan bubur paddas itu sendir. Bubur ini diolah dengan kaldu, jagung, pakis, kangkung, tauge, dan ditaburi kacang tanah dan ikan teri.

Adapula yang terkenal adalah Bubur Ikan dan Babi Fa Jie. Seperti namanya, bubur ini tidak halal. Selain itu ada juga yang disebut Bubur Pekong. Bubur pekong sendiri adalah bubur nasi dengan topping ikan teri goreng, kacang goreng dan emping juga ditambah kuah kaldu daging sapi menyatu menghasilkan rasa gurih di lidah.

Selain itu, ada juga yang disebut dengan Bubur Gunting. Bubur gunting terdiri dari kuah kental manis yang berisi kedelai atau kacang hijau yang telah dikupas dan cakwe. Untuk membuat kuahnya harus menggunakan kesabaran yang tinggi karena proses membuatnya cukup memakan waktu. Bahan-bahannya memang cukup mudah dicari karena mudah didapatkan, seperti tepung kanji, kacang hijau, daun pandan, dan gula putih. Semua bahan dimasak dalam sebuah wadah besar dan diberi air. Karena menggunakan tepung kanji, pantang hukumnya meningalkan adonan kuah ini tanpa diaduk hingga dirasa kekentalannya pas.

Halal ( bubur paddas, bubur sapi, bubur pekong, bubur gunting )
Non Halal (bubur ikan dan babi Fa jie)

Kategori: